Apakah Bekam (Hijamah) Itu?

Pengertian dan Pemahaman Dasar Bekam Hijamah 
Bekam (Arabal-hijamah) adalah metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah statis (kental) yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia. Berbekam dengan cara melakukan pemvakuman di kulit dan pengeluaran darah darinya. Pengertian ini mencakup dua mekanisme pokok dari bekam, yaitu proses pemvakuman kulit kemudian dilanjutkan dengan pengeluaran darah dari kulit yang telah divakum sebelumnya.

SIMAK JUGA : Layanan Bekam Panggilan ke Rumah

Transliterasi[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa Jawa disebut cantuk atau kop. Di Sumbawa dan sekitarnya disebut tangkik atau batangkik. Dalam bahasa Inggris disebut blood cupping/blood letting/cupping therapy/blood cupping therapy/cupping therapeutic. Dalam bahasa Mandarin disebut pa hou kuan. Di Asia tenggara (Malaysia dan Indonesia) dikenal dengan sebutan bekam.

Sejarah bekam dimulai pada zaman Rasulullah, ini bisa dibuktikan pada salah satu hadist dari Ibnu Umar, r.a bahwa Rasulullah SAW, bersabda:
“Tidaklah aku melalui satu dari langit-langit yang ada melainkan Para Malaikat, mengatakan: “Hai Muhammad, perintahkan umatmu untuk berbekam. Karena sebaik-baik sarana yang kalian pergunakan untuk berobat adalah bekam, al-kist (cendana india) dan syuniz (jintan hitam)”.
Bekam dipercaya dan terbukti mempunyai manfaat dan dapat mengobati berbagai macam penyakit dengan metode pengobatan menggunakan sarana cawan, kop, tabung, atau bambu yang prosesnya diawali dengan melakukan pengekopan ( membuat tekanan negatif dalam cawan, kop, tabung, atau bambu) Dengan melakukan penghisapan atau vakumisasi maka terbentuklah tekanan negatif didalam cawan/ kop, sehingga terjadi drainase cairan tubuh berlebih (darah kotor) yang diikuti toksin, menghilangkan perlengketan / adhesi jaringan ikat dan akan mengalirkan darah “bersih” ke permukaan kulit dan jaringan otot yang mengalami stagnasi serta merangsang sistem syaraf perifer, menimbulkan efek analgetik, anti bengkak, mengusir patogen angin dingin maupun angin lembab, mengeluarkan racun, serta oxidant dalam tubuh. Pada teknik bekam basah, setelah terjadi bendungan lokal, prosesnya dilanjutkan dengan penyayatan permukaan kulit memakai pisau bedah atau penusukan jarum bekam agar darah kotor bisa dikeluarkan.
Secara teori manfaat ber Bekam dalam membantu proses penyembuhan dikarenakan dalam berbekam terdapat setidaknya 3 faktor "penyembuh", yaitu :
1. Pengeluaran darah kotor atau darah yang berpotensi mengandung toksin. Dengan dikeluarkannya toksin dan sel darah yang rusak atau tidak bagus kinerjanya maka tubuh akan lebih segar dan sehat.
2. Perbaikan fungsi organ tubuh. Organ tubuh yang terganggu fungsinya akan disembuhkan dengan cara perbaikan jaringan dan sel yang ada padanya sehingga bisa berfungsi dan sehat kembali.
3. Penambahan antibodi tubuh. Organ tubuh yang terinfeksi kuman penyakit dapat sembuh secara alami karena tubuh memproduksi zat antibodi yang bisa membunuh kuman penyakit yang merugikan. Jika organ tubuh sudah bebas dari infeksi penyakit maka tubuh pun akan sehat lagi.
“Kamu sekalian hendaklah berbekam pada tengah Qomahduwwah (punuk/ tengkuk pada punggung badan), maka akan dapat menyembuhkan 72 penyakit” (Shohih Ibnu Majjah No. 3478).
Diantara beberapa manfaat berbekam adalah dengan sabda Rasulullah SAW yang mengisyaratkan ada 72 macam penyakit yang dapat disembuhkan dengan jalan bekam, diantaranya adalah: 
Pusing, Migren, Sakit pinggang, Jantung, Asam lambung, Rematik, Asma, Insomnia / sulit tidur, Kencing manis, Liver, Gatal-gatal, Radang usus besar, Sakit waktu datang bulan / haid, Syaraf kejepit, Ginjal, Tekanan darah tinggi, Tekanan darah rendah, Stroke, Kolesterol, Asam urat, Sinusitis, Ambeien, Mandul, Lemah syahwat, Tumor otak, Virus toxo dan rubella, Kanker payudara, Kejang-kejang, Batuk kronis, Paru-paru, Kanker kelenjar getah bening, Penyakit kronis lainnya.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Sebaik-baik obat yang kamu gunakan adalah ber bekam, atau: Ber bekam adalah obat yang paling baik bagimu. (Shahih Muslim No.2952)
Jadi Berbekamlah supaya kita tetap sehat atau konsultasikan penyakit anda kepada kami : Layanan Bekam Panggilan Sesuai Sunnah Rasulullah

sumber : wikipedia & www.abualbanicentre.com

SIMAK JUGA : 117 PENYAKIT YANG SEMBUH OLEH TERAPI BEKAM

Bekam menjadi pilihan terbaik untuk berobat, karena murah, aman, praktis dan sesuai sunnah Rasulullah SAW. Apabila bekam dilakukan secara baik dan benar sesuai kaidah medis, maka akan memberikan hasil yang luar biasa. Insya Allah!!! 

Hasilnya? Jangan tanya lagi, silahkan terapkan dan buktikan sendiri keampuhannya

MELAYANI TERAPI BEKAM PANGGILAN

Sebagai CATATAN dalam Pengobatan Bekam/Praktek Bekam Kami :
  1. Alat Bekam dalam Kondisi Steril, setelah dipergunakan harus dilakukan Sterilisasi Alat agar Tidak Terjadi Penularan Penyakit 
  2. Jarum Bekam Sekali Pakai, kami pastikan setelah Terapi Bekam akan kami buang
Penentuan Jadwal Terapi Bekam Panggilan, silahkan kontak :

Admin Bekam Sunnah - Islami Malang : 08974575817 

Pastikan Anda Mendapatkan Informasi Yang Jelas
Kami membuka Konsultasi secara GRATIS, silahkan kontak langsung dengan Terapis Bekam kami via WA atau Telepon langsung. Lebih baik tinggalkan pesan via WA, In syaa Allah akan dibalas secepatnya.

0 Response to "Apakah Bekam (Hijamah) Itu?"

Post a Comment

About Syed

My photo
Jasa Bekam Malang - Ruqyah Gurah Fashdu Kota Malang Jawa Timur Kami berikan layanan Bekam & Gurah Malang - Batu, dengan tarif bekam malang - gurah 50ribu, namun kami menggunakan alat bekam yang bersih & steril menggunakan mesin sterilisator yang bertujuan menghilangkan bakteri, jamur & virus, sehingga klien bekam syari malang akan mendapatkan layanan terbaik. Rasulullah Muhammad menyampaikan bahwa di dalam bekam ada kesembuhan, In syaa ALLAH Terapi Gurah Malang kami layani dengan layanan gurah mata & gurah hidung dengan obat gurah yang tidak menyakitkan, namun tetap membutuhkan waktu yang cukup sehingga mendapatkan manfaat gurah untuk kesembuhan sesak napas, asma, pilek, batuk berdahak, nyeri dada, TBC, gangguan di pernapasan dan tenggorokan. Kami sediakan tenaga Ahli/Terapis Pria & Wanita terlatih serta terstandarisasi Nasional. Untuk Tempat Bekam di Malang kami layani di alamat klinik bekam di malang, Jl. Sumpil 1 no. 46 Blimbing. Jadwal Terapi silahkan chat WA Admin 08974575817

Follow US on Google+